Efektivitas Desain Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Capcut dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Jennie Fredella Elysia Universitas Sriwijaya
  • Annisa Ghaisani Universitas Sriwijaya
  • Dinda Hikmawati Universitas Sriwijaya
  • Sri Hartanti Universitas Sriwijaya
  • Syarifuddin Syukur Universitas Sriwijaya
  • Reza Pahlevi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.32533/08203.2024

Keywords:

Aplikasi Capcut, Desain, Video Pembelajaran

Abstract

Pada artikel berikut bertujuan mengetahui efektivitas desain pembelajaran berbasis video pembelajaran yang dapat digunakan untuk perangkat pembelajaran yang ready dan bisa dipakai sewaktu-waktu. Adapun aplikasi yang bisa dipakai guna menciptakan video pembelajaran yaitu aplikasi bernama Capcut. Dalam artikel ini menggunakan metode kualitatifyakni menilai efektivitas desain pembelajaran berbasis video pembelajaran menggunakan aplikasi Capcut pada mata pelajaran yakni sejarah pada Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan video pembelajaran berbasis aplikasi Capcut adalah media yang tepat untuk dipakai serta dengan hadirnya video pembelajaran berbasis aplikasi Capcut ini bisa mengambil kefokusan siswa selama proses berlangsungnya kegiatan belajar disekolah. Hal tersebut dapat dikatakan bahwasanya desain pembelajaran dengan video memakai aplikasi Capcut efektif digunakan dalam proses pembelajaran sejarah khususnya di Sekolah Menengah Atas.

References

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran sejarah abad 21: tantangan dan peluang dalam menghadapi

pandemi covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30-35.

Adiningtyas M. D & Muslihati (2022) Pengembangan Media Bimbingan Konten Video

Youtube untuk Meningkatkan Self-Acceptance Siswa SMP yang Mengalami Insecurity.

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 2 (2), 134-142

Agustiningsih, N., & Pamungkas, S. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media

Pembelajaran Video Candi Muara Jambi Berbasis Sejarah Lokal Pada Mata Kuliah

Sejarah Indonesia. Diakronika, 18(1), 67-87.

Agustriana, E., & Buwono, S. (2014). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).

Aprilliana, G., & Efendi, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas Viii Smpn 4 Jampangtengah

Kabupaten Sukabumi. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan

Pembelajaran, 2(2), 48-53.

Ardiansyah, M. (2023). Analisis Komparasi Ketertarikan Masyarakat Kota Batam Dalam

Penggunaan Video Editor Capcut dan VN. Jurnal Informasi dan Teknologi, 91-102.

Defri & Vivi. (2022). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Sejarah pada Siswa SMA Isen Mulang Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal

Pendidikan dan Kewirausahaan 10 (2), 441-451

Estuhono, E., Mahmudi, M. R., & Ilahi, R. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO

PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT MATERI KEKAYAAN

BUDAYA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG

MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 DHARMASRAYA. Jurnal Tunas

Pendidikan, 6(1), 319-330.

Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran.

Farista, R., & Ali, I. (2018). Pengembangan video pembelajaran. Pengembangan Video

Pembelajaran, 1-6.

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa

sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar

(pp. 96-102).

Hafizh, A., & Yefterson, R. B. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis video

menggunakan windows movie maker dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Halaqah,

(3), 224-245.

Hakim, M. L. (2019). Pengembangan media video dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan

islam. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2), 300-331.

Kholidin, K., Hudaidah, H., & Safitri, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran

Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di

Sekolah Menengah Atas. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2).

Novianto, V & Beny (2023). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Video pada Mata

Pelajaran Sejarah Kelas X di SMK Mahisa Agni Gunungkidul, Proceedings Series on

Social Sciences & Humanities 10, 37-41

Octaviani, S (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PRA

AKSARA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 9 KOTA

JAMBI. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari 4 (2), 107-

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021).

Analisis peran media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar ipa smp.

JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2).

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020, October). Efektivitas media

pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD

Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Putri, A. N. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI VIDEOSCRIBE, INSHOT, KINE

MASTER, CAPCUT SEBAGAI MEDIA INOVATIF UNTUK MENIGKATKAN

KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA MATERI CERPEN DAN

HIKAYAT. Sitasi Ilmiah, 1(2), 66-81.

Rahmawati, F. N (2011). Efektivitas pemanfaatan media audio visual vidio pembelajaran dalam

upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan,

Safitri, S & Supriyanto & Suhendra D(2019). Pengaruh Penerapan Media Video Sejarah

Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1

Banyuasin 1. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 8 (1)

Saragih, M., Wirianto, W., & Badjie, S. D. (2023). Implementasi Aplikasi CapCut Dalam

Pembuatan Video Pembelajaran Terhadap Guru-Guru SD Bharlin School. Publikasi

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 2(1), 1-10.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP

(Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in

Asia, 9(2), 57-65.

Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan media video animasi berbasis plotagon

dan capcut untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas ii sekolah dasar.

Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841-850.

Susilo, A. (2016). Model Media Pembelajaran Sejarah Di SMA Berbasis Visulaisasi Interaksi

Sosial Masyarakat Zaman Kerajaan Sriwijaya Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi.

UNS (Sebelas Maret University)

WINDA, P. P. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS

APLIKASI CAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK

MENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI KELAS XI

MAN 2 BANDAR LAMPUNG.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi

pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Yosep, F & Santi, L (2019). Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap

Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.The Annual

Conference on Islamic Education and Social Science 1 (1), 41-49.

Yulius, Y., & Sartika, D. (2022). Pengabdian Pelatihan Membuat Video Ajar Malalui Aplikasi

Capcut Dan Az Screen Sebagai Media Pembelajaran Di SMP 30 Palembang. Lumbung

Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 97-105.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Elysia, J. F., Ghaisani, A., Hikmawati, D., Hartanti, S., Syukur, S., & Pahlevi, R. (2024). Efektivitas Desain Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Capcut dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Sukma: Jurnal Pendidikan, 8(2), 123–135. https://doi.org/10.32533/08203.2024

Issue

Section

Articles